July 10, 2020

freesyrianarmy1

Blog WORDS

Mengenal Apa Itu Jasa Audit Dan Perannya Di Perusahaan

Pernahkah kalian mendengar apa itu jasa audit?

Audit sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu usaha memeriksa bukti yang ada kaitannya dengan sebuah informasi. Sehingga terjadi kesesuaian antara informasi yang sebenarnya dengan informasi yang diberikan kepada pihak lain.

Jasa audit biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengurus laporan keuangan mereka. Lalu apakah fungsi jasa auditor bagi perusahaan? Berkut ini ulasan selengkapnya.

https://auditakuntansi.com/

Peran Jasa Audit Bagi Perusahaan

Seorang akuntan publik dipanggil dengan sebutan auditor. Mereka inilah yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP). Berikut ini peran jasa audit bagi perusahaan :

  1. Pengarahan sumber daya

Sebuah perusahaan memerlukan jasa audit untuk membantu mereka mengelola sumber daya. Terutama yang berkaitan dengan keuangan. Namun begitu, keuangan tetap saja terlibat langsung dengan proses produksi perusahaan, sehingga mau tidak mau auditor terlibat dalam mengarahkan keseluruhan arus keuangan perusahaan.

  1. Memberikan keputusan

Perusahaan yang ingin memutuskan sesuatu terkait dengan keuangan atau proses produksinya, tidak bisa sembarangan. Harus ada pihak lain yang juga ikut mmeberikan keputusan terkait dengan sumber daya yang akan digunakan.

Hal ini berguna agar nantinya auditor paham akan arus keuangan perusahaan. Auditor biasanya juga bisa memberikan masukan-masukan yang dapat berguna bagi proses produksi yang efektif.

  1. Melakukan identifikasi atas suatu keputusan

Auditor yang bekerja untuk suatu perusahaan disebut juga sebagai auditor intern. Mereka turut berperan sebagai identifikator keputusan. Begitu perusahaan memutuskan sesuatu, sudah menjadi tugas mereka untuk mengidentifikasi keputusan tersbeut.

  1. Mengelola laporan kepemilikan sumber daya perusahaan

Setelah turut serta dalam mengidentifikasi keputusan perusahaan, auditor juga bertugas mengelola laporannya. Biasanya yang mereka tangani adalah laporan keuangan dan kepemilikan sumber daya. Dengan begitu, laporan ini nanti akan diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Pihak ketiga yang membutuhkan bisa berasal dari pihak Kepolisian, para pemegang saham, dan lain sebagainya. Dengan adanya auditor, maka perusahaan akan bisa melakukan proses produksi dengan maksimal serta transparan.